Kalau bukan kita yang mulai, siapa lagi?

WONDERFUL INDONESIA, INI REALITA!


Satu kali waktu, saya pernah ke negeri tetangga. Menapaki beberapa tempat wisatanya. Tapi entah kenapa saya tak menemukan rasa takjub seperti saat saya menginjakkan kaki di belahan wilayah Indonesia. Bagi saya, wonderful Indonesia itu sungguh nyata.

Realita.

Dan semakin di jelajah, semakin speechless dibuatnya.

***

Sedari kecil saya adalah anak rumahan. Tak pernah keluar kalau bukan urusan ke rumah tante di luar kota. Maklum, saya tidak lahir dari keluarga berada yang kapan saja bisa liburan kesana dan kemari. Dan lagi, kala itu, liburan bukan life style yang populer seperti masa kini. Kuliah menjadi start awal saya jalan-jalan. Seutuhnya jalan jalan. Tanpa membawa misi silaturahmi ke rumah saudara. Dan lalu, jalan-jalan itu menjadi candu.

Hingga kini.


Hampir setahun lalu, berlabuh di Pelabuhan Luwuk, Kab. Banggai

Well, i never tell anyone before, but there are tons of magic moment when i was travelling, and that was made me speechless. The only thing that kept pop up in my mind was, Indonesia really wonderful.



JOGJA, NEVER ENDING STORY

No, i wasn't princess who tried to take a bath here, hehehe
Walau hanya berjarak 3 jam dari rumah, saya benar tak pernah ke Jogja. Sampai pada libur semester 1, saya dan 3 sahabat saya mbolang ke Jogja. Budget hanya pas-pas bercampur rasa was-was. Yap, sedikit cemas karena literally ini adalah perjalanan jauh kami yang pertama. Tanpa orang tua, juga sanak saudara.

Pagi-pagi kami naik kereta dari Gubeng ke Lempuyangan, dan bertahan hampir satu minggu. Mengitari jalanan Jogja. Bertemu kawan lokal. Main-main ke UGM. Bercengkrama di benteng vredebrug. Ke kraton, ke taman pintar, ke banyak sudut Kota Gudeg itu. Banyak hal yang kami lakukan. Ada banyak cerita juga tawa disini. Tak akan habis kata untuk mencurahkan seluruh moment keren yang saya rasakan di Jogja. 

Foto saya di taman sari itu hanya satu foto dari sekian ribu foto yang kami ambil dengan scene di Jogja.

Berkali-kali ke kota ini, dan kami tetap jatuh hati. Dan kini, setiap kali ada kesempatan, kami selalu menyapa kota ini. Membayar rindu yang kadang menjadi hantu. Seperti Sabtu, dua minggu yang lalu. Saya ke Jogja hanya untuk jogging di Malioboro, hahaha


GILI LABAK: TIDUR, SALAT, MAKAN DI PANTAI

The sunset was wonderful
Saya ingat, saya terperangah ketika cahaya mentari lepas tengah hari itu menyelimuti lautan yang begitu luasnya. Saya tak melihat daratan. Sejauh mata memandang, seluruhnya adalah air. Saya tak punya fotonya, tapi semua terekam rapi dalam memori saya. Kapal kecil yang saya dan 9 sahabat saya tumpangi kala itu melaju diiringi suara mesin dissel. 

Gili Labak adalah pulau kecil di Sumenep, Madura. Kini banyak dijadikan jujukan para traveler. Saat kami kesana, belum banyak dijamah. Seperti private beach. Baru disini saya berenang berjam-jam di pantai. Berlatih snorkling and that was awesome. I saw many things that i even didn't think about.

Kalau waktu bisa diulang, rasanya saya ingin kembali ke moment itu. Berkemah di tepi pantai. Bakar ikan segar yang diberi cuma-cuma oleh penduduk lokal. Salat di temani deburan ombak. And even done our private matter in the middle of open field. That's crazy, indeed. But, it was fun. 


BOROBUDUR, WHAT A MAGNIFICENT VIEW


Siapa tak kenal Borobudur. Keajaiban dunia di Magelang ini sungguh begitu memukau. Saya ingat persis, saya dan Indah ke Borobudur tanggal 17 Agustus 2013. Nekat. Motoran dari Jogja. Bolos kerja praktek. Well bukan bolos, karena hari itu tanggal merah. Kami kira libur. Dan jadilah kami menyusuri jalanan Jogja Magelang. Menembus dua batas provinsi. Dan sampai sini, terbayar. Lelah kami mencari jalan, tanya sana sini karena nyasar hilang. Lepas ketika kami masuk gerbang kawasan megah ini.

"Borobudur, what a magnificent view", i said. It really really really wonderful artifact. Arsitekturnya, ukiran-ukiran relief-nya, ceritanya. Everything. Termasuk museum kapal, saya lupa apa namanya. Satu hal yang pasti, saya bersyukur bisa menyaksikan Borobudur dengan mata secara langsung. Dan ini realita, wonderful Indonesia. <3 


PACITAN DAN BINTAN. DUA KOTA SEJUTA WISATA



2015 dan 2016, saya berkali-kali mengunjungi Pacitan. Dan 2016-2017 saya tinggal di Batam. Ada banyak cerita. Wonderful Indonesia sungguh nyata adanya. Di dua kota, eh 3 kota sekalian dengan Batam ini saya mendapati fakta bahwa Indonesia begitu kaya. Indonesia punya objek daya tarik wisata (ODTW) yang melimpah.

Saya tak akan cerita banyak. Saya hanya akan tanya, stress? Well, saya sarankan datangi Pacitan dan Bintan.


Senja dari Masjid Jabal Arafah Batam, dari sini kita bisa melihat skyline Singapore


Pacitan adalah surga pantai. Berbatasan langsung dengan Segara Kidul menjadikan garis pantai Pacitan begitu Indah


Tresure Bay Bintan. THIS IS BIG POOL. Beneran gede banget dan kece buat yang suka berendam dalam air. Lepas Tahun Baru 2017 saya mengunjungi Bintan seorang diri. 
DIENG: BAYANGAN SLOW MOTION SUNRISE

Sunrise di Puncak Sikunir. Puncak ini menjadi spot terbaik untuk melihat sunrise. Versi saya ya! Naiknya matahari perlahan-lahan itu rasanya speechless. Rasanya degupan jatung seakan seirama dengan pergerakan bola raksasa itu.

Saya punya video geraknya sunrise di Dieng ini. Tapi saya sengaja tidak menguploadnya. Silakan datang kesana. It's really wonderful.

Pagi-pagi saya dan sahabat ke puncak bukit. Janjian pukul 3 menuju lokasi hanya hoax semata karena DIENG SUNGGUH DINGIN. Saya lupa berapa derajat waktu itu. Kami mengurungkan niat. Pukul 4 lebih kami baru bergerak keluar dari homestay.

Disini, saya merasa betapa hidup sungguh ada maknanya. Ada yang perlu kita perjuangkan. Dan disini pula, pikiran saya puluhan kali memikirkan satu hal pasti. Wonderful Indonesia.


LUWUK, TELUK MELIUK DARI BUKIT KELES


Ini kali pertama saya melihat garis antara laut dan darat begitu indah. Begitu mengagumkan. Birunya laut dari atas bukit kota ini membuat hati dan pikiran sejuk. Luwuk. Salah satu wilayah di Sulawesi Tengah itu cukup menyenangkan untuk istirahat dari segala penat. You should try it!


IN THE MIDDLE OF SEA 

Pengalaman saya di tengah laut bukan hanya saat menuju Gili Labak. Ada banyak pengalaman breathtaking di atas kapal yang bagi saya adalah pengalaman luar biasa. Dan menikmati betapa Wonderful Indonesia itu sungguh benar adanya.


Selat Bali. Di tengah-tengah Pelabuhan Ketapang dan Gilimanuk. Kapal kala itu berhenti ditengah-tengah, menunggu labuh. Dan look! That's beautiful view!


Nyebrang dari Batam ke Bintan dengan kapal ferry pagi itu menyenangkan sekali. Dimana mana warna biru senada. 


Still love blue blue and blue. Ini adalah moment magic kesekian saat saya menjelajah Indonesia. Kala itu di sebuah kapal Bahari Ekspress, dari Luwuk ke Banggai Laut.


--
Traveling, it leaves you speechless, then turn you into story teller. ~ Ibn Battuta, The Travel of Ibn Battutah

Yeah, tak akan habis kata untuk menggambarkan betapa Indonesia sungguh indah. Indonesia sungguh kaya. Dan Wonderful Indonesia adalah realita. I am in love with this beautiful country so much. 😃

--

Anyway, artikel ini saya ikutsertakan dalam lomba Wonderful Indonesia Blog Competition lhoo! Dan teman-teman juga bisa ikut serta dalam blog competition ini. Caranya? Easy! Just click this link https://goo.gl/forms/RJuGs5pjTXEj5ZpD3 and follow the T&C. :)



Share:

22 comments:

  1. Replies
    1. Ayuk mbak, Sumenep keren kereeeen! Mau ke pulau kecilnya lagi, hehe

      Delete
  2. Berbakat jadi travel blogger nih mbak eta. Indonesia nggak kekurangan tempat wisata keren. Wonderful Indonesia!

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe i write everything i like to write Zam.. And Yeaaaah, Indonesia punya jutaan tempat wisata yang gak akan habis kita jelajah dalam setahun dua tahun. kueren lah pokoknya! Thankyou udah mampir yaa :)

      Delete
  3. Pengalaman mbolangnya sudah merajalela, saya belum pernah pergi ke semua tempat yang disebutkan di atas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semangat mba Mun, inshaallah segera keliling nanti.
      Yang penting kita udah pernah keliling bareng Surabaya pake Bus Suroboyo hehehe

      Delete
  4. Penasaran banget sama Gili Labak. Kayaknya pantainya masih bersih banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pas saya kesana bersih bening ada nemo ada bintang laut, keren mbak. :)

      Delete
  5. Indonesia bener2 kayaaa
    Enggak diragukan lagiii
    Indonesia indahh sampai jd rebutann bnyk negara
    Sayang y mb kalau pendudukny g bangga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mba, Indonesia super duper kaya banget.. alamnya kuereeen, budayanya melimpah. :)

      Delete
  6. Dulu pernah juga ke Pacitan, tapi gak sempat jalan, ternyata indah juga ya pantainya. Semoga next bisa explore Pacitan dan Surabaya lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pacitan bagus bagus mba pantainya, tetapi di beberapa spot ombaknya besar.

      Delete
  7. Indonesiaaaaaa kamu keren nggak kira kiraaaa

    ReplyDelete
  8. Masya Allah very very wonderful yah kak. Btw pas di selat Bali emg keren tuh apalagi nyebrang pas pagi hari, view G. ijen nya dapet bgtttzzz

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener bangeeeet. Itu dulu jg pas pagi gitu, dr surabaya malem, sampai di stasiun Bwi Baru subuh, langsung cus pelabuhan.

      Delete
  9. Semoga kita bisa dipertemukan di lain waktu untuk jelajah Indonesia bareng2 ya mbaaaa. Indonesia masih banyak tempat yang patut dikunjungi dan ternyata indah syekalii~~~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Indonesia super indah sekali mbaaa, ayuk kapan di agendakan yuuk.

      Delete
  10. Wahh senangnya yang bisa travelling..

    Indonesia emang wonderfull kok...

    ReplyDelete
  11. Indonesia emang memiliki keindahan surga ya, spot terbaik ada dimana-dimana. Serunya berpetualang. Wonderful Indonesia!

    ReplyDelete

Thank you for leaving a comment. Your comment will appear soon.

Popular Posts

Labels

Blog Archive