Skip to main content

Semangat Freedom To Collaborate di Youtube Fanfest 2019 Surabaya



Tahun 2018 lalu, youtuber terkenal Kurt memposting video livenya "WHEN YOUTUBERS GO LIVE" di acara Youtube Onstage. Video kolaborasi antar youtuber itu membuat lagu Symphony Clean Bandit jadi apik untuk didengar, plus dengan visual dancer yang kece. Saya sering melihatnya, tak hanya sekali dua kali, karena sudah masuk dalam #playlist saya di Youtube.


Kolaborasi Kurt dan teman-temannya ini, bagi saya, menguatkan persepsi kalau setiap orang punya talent masing-masing dan akan jadi makin kece kalau disatukan, kalau dikolaborasikan. Nah moment itulah yang akhirnya menggerakkan saya (salah satunya), untuk datang ke acara Youtube Fanfest 2019 Surabaya yang digelar di GrandCity Convex Lantai 4.

Tentang Youtube Fanfest 2019 Surabaya

Youtube Fanfest 2019 Surabaya adalah salah satu gelaran #YTFFID. Youtube Fanfest 2019 di Indonesia digelar di 5 kota termasuk juga Makasar, Jogja, Jakarta. Acaranya sendiri untuk Kota Surabaya digelar Hari Sabtu dan Minggu, 5-6 Oktober 2019.



Youtube Fanfest 2019 memiliki konsep yang “serupa namun tak sama persis” dengan Youtube Onstage. Acara yang digelar selama 2 hari ini menghadirkan beberapa video content creator untuk naik ke atas panggung, menemui para subscriber-nya. Acara ini didukung beberapa sponsor, dan salah satu penggagasnya adalah IM3Ooredoo. Provider terkenal di Indonesia, IM3Ooredoo mewakili platform YouTube menantang para Kreator di YouTube FanFest buat berkolaborasi.

Saya sendiri cukup mengapresiasi ada movement #Collabonation yang digagas @IM3Ooredoo ini di Indonesia. Acara ini basicly mengajak para konten kreator lintas platform untuk berkolaborasi, menebarkan semangat "Freedom to Collaborate".

Youtube Fanfest 2019 Surabaya Day 1


Dengan semangat "Freedom to Collaborate" itu, saya yang hadir pada Youtube Fanfest 2019 Surabaya Day 1 menyaksikan Youtuber terkenal, Londo Kampung X BATS Channel seru-seruan collab stage performance di sesi IM3 Ooredoo. Mereka sedang merencanakan konsep kolaborasi yang ditampilkan pada Day 2, Minggu 6 Oktober 2019.

Collabonation diantara keduanya pasti akan menarik. Bagaimana tidak, keduanya punya “genre” yang berbeda. Londo Kampung, yang fasih 'ngomong Jowo' itu suka sekali ngeprank dalam videonya, sedangkan BATS lebih condong ke cerita kehidupan sehari-hari. Keduanya menampilkan sketsa komedi yang menarik di atas panggung. Tapi btw, pasti sudah pernah ada yang lihat video kolaborasi mereka dong di Youtube? Seru ya! Bayangkan, ini LIVE. Hasil #Collabonation ini akan bikin penasaran para fans mereka.

Collab stage performance di sesi IM3 Ooredoo ini cukup menghibur. Para youtuber yang tampil seakan ditantang untuk TIDAK HANYA membuat konten, tetapi juga menyebarluaskan konten positif di media sosial bersama-sama.


Serunya ASMR Challenge di Booth Im3Ooredoo


Acara Youtube Fanfest 2019 Surabaya dimulai pukul 1, namun Open Gate sudah dari pukul 11. Lalu nunggunya ngapain? Tenang! Sambil nunggu, siapapun bisa ikutan challenge di Booth IM3Ooredoo. Adalah ASMR Challenge, yang menuntut kita untuk bermain challenge, menghasilkan video dan suara yang apik dengan batasan yang biasa dilakukan para youtuber.

Kemarin di Booth IM3Ooredoo ini, ada 3 tantangan, menghasilkan bunyi dari suara makanan, dari suara alat makeup dan juga nyanyi. Saya sendiri kemarin ditantang untuk menyanyikan lagu. Dan sukses dong! Akhirnya dapat hadiah tas cantik.



Yes, kalau sukses main ASMR Challenge pesertanya bisa dapat hadiah. Tapi bukan hadiahnya aja yang penting. ASMR Challenge membawa kita untuk ikut merasakan bagaimana membuat content video yang biasa kita saksikan di platform Youtube.

Dan sepakat dengan misi Freedom to Collaborate, sebagai konten kreator kolaborasi dengan siapa saja bisa dilakukan dan sah-sah saja. Namun, prinsipnya bukan hanya membuat konten yang positif, namun juga punya nilai positif.

Overall, seru banget acaranya! Semoga tahun depan Youtube Fanfest 2020 hadir lagi di Surabaya. : )


Comments

  1. Acaranya seru,, aq kmrn pny kesempatan meet n great sama Ghea di acara ini

    ReplyDelete

Post a Comment

Terimakasih sudah komentar. Komentar akan muncul setelah proses moderasi. :)

Popular posts from this blog

Adi Husada Cancer Center (AHCC) Surabaya

I Am And I Will menjadi Tagling Hari Kanker Sedunia 2019 4 Februari menjadi momentum peringatan hari kanker di dunia.  Dan tepat di tanggal 4 Februari lalu,  Adi Husada Cancer Center (AHCC) yang ada di RS Adi Husada Undaan menggelar acara Self Healing With Yoga bersama Dokter Astie Young. Acara ini menjadi bagian dari komitmen Adi Husada Cancer Center (AHCC) untuk ikut memerangi kanker sebagai salah satu penyakit mematikan di dunia.  4 Februari adalah World Cancer Day dr. Astie Young memberikan gambaran Self Healing With Yoga Penetapan 4 Februari di Paris sebagai World Cancer Day atau Hari Kanker Sedunia dilakukan oleh World Summit Against Cancer for the New Millenium. Penetapan ini digagas untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dunia terhadap bahaya dari penyakit kanker dan mensupport para survivor kanker. Pada acara penetapan tersebut, WHO atau organisasi kesehatan dunia dan badan penelitian kanker internasional (International Agency for Re...

1st Best Winner Blogging Competition by DSCP Indonesia

Hello, Yep. Judulnya udah ngasih gambaran penuh tulisan ini tentang apa. Well, tadi sudah dihubungi tim DSCP kalau artikel Selamatkan Lamun Sebelum Manyun menang kompetisi blog yang diselenggarakan Bulan Mei kemarin. Temanya adalah  "Padang Lamun: Rumah Mereka, Untuk Kita" Hmm, belum bisa nulis banyak, mungkin nanti tulisan ini akan saya update lebih jelas lagi. Satu yang pasti saya mau terima kasih sama semua yang sudah support artikel saya. itu aja sih. Oh, daaaaan cerita dikit aja, kalau kemarin nulis artikel Selamatkan Lamun Sebelum Manyun itu bener-bener karena ingin support, mengedukasi dan ikut mengkampanyekan gimana lamun dan duyung. Mulai dari kondisinya, dari manfaatnya, dll. Kalau boleh dibilang, artikel ini artikel panjang pertama saya di tahun ini. Dan artikel yang "padat" referensi. Karena memang saya gak ingin salah informasi. Karena lagi-lagi niatnya edukasi. Begitulah. itu dulu. besok-besok saya update lebih informatif lagi artikel in...

WONDERFUL INDONESIA, INI REALITA!

Satu kali waktu, saya pernah ke negeri tetangga. Menapaki beberapa tempat wisatanya. Tapi entah kenapa saya tak menemukan rasa takjub seperti saat saya menginjakkan kaki di belahan wilayah Indonesia. Bagi saya, wonderful Indonesia itu sungguh nyata. Realita. Dan semakin di jelajah, semakin speechless dibuatnya. *** Sedari kecil saya adalah anak rumahan. Tak pernah keluar kalau bukan urusan ke rumah tante di luar kota. Maklum, saya tidak lahir dari keluarga berada yang kapan saja bisa liburan kesana dan kemari. Dan lagi, kala itu, liburan bukan  life style  yang populer seperti masa kini.  Kuliah menjadi  start   awal  saya jalan-jalan. Seutuhnya jalan jalan. Tanpa membawa misi silaturahmi ke rumah saudara. Dan lalu, jalan-jalan itu menjadi candu. Hingga kini. Hampir setahun lalu, berlabuh di Pelabuhan Luwuk, Kab. Banggai Well, i never tell anyone before, but there are tons of magic moment when i was travelling, and that wa...