Ta.

It's all about lifestyle in a city

Semangat Freedom To Collaborate di Youtube Fanfest 2019 Surabaya



Tahun 2018 lalu, youtuber terkenal Kurt memposting video livenya "WHEN YOUTUBERS GO LIVE" di acara Youtube Onstage. Video kolaborasi antar youtuber itu membuat lagu Symphony Clean Bandit jadi apik untuk didengar, plus dengan visual dancer yang kece. Saya sering melihatnya, tak hanya sekali dua kali, karena sudah masuk dalam #playlist saya di Youtube.


Kolaborasi Kurt dan teman-temannya ini, bagi saya, menguatkan persepsi kalau setiap orang punya talent masing-masing dan akan jadi makin kece kalau disatukan, kalau dikolaborasikan. Nah moment itulah yang akhirnya menggerakkan saya (salah satunya), untuk datang ke acara Youtube Fanfest 2019 Surabaya yang digelar di GrandCity Convex Lantai 4.

Tentang Youtube Fanfest 2019 Surabaya

Youtube Fanfest 2019 Surabaya adalah salah satu gelaran #YTFFID. Youtube Fanfest 2019 di Indonesia digelar di 5 kota termasuk juga Makasar, Jogja, Jakarta. Acaranya sendiri untuk Kota Surabaya digelar Hari Sabtu dan Minggu, 5-6 Oktober 2019.



Youtube Fanfest 2019 memiliki konsep yang “serupa namun tak sama persis” dengan Youtube Onstage. Acara yang digelar selama 2 hari ini menghadirkan beberapa video content creator untuk naik ke atas panggung, menemui para subscriber-nya. Acara ini didukung beberapa sponsor, dan salah satu penggagasnya adalah IM3Ooredoo. Provider terkenal di Indonesia, IM3Ooredoo mewakili platform YouTube menantang para Kreator di YouTube FanFest buat berkolaborasi.

Saya sendiri cukup mengapresiasi ada movement #Collabonation yang digagas @IM3Ooredoo ini di Indonesia. Acara ini basicly mengajak para konten kreator lintas platform untuk berkolaborasi, menebarkan semangat "Freedom to Collaborate".

Youtube Fanfest 2019 Surabaya Day 1


Dengan semangat "Freedom to Collaborate" itu, saya yang hadir pada Youtube Fanfest 2019 Surabaya Day 1 menyaksikan Youtuber terkenal, Londo Kampung X BATS Channel seru-seruan collab stage performance di sesi IM3 Ooredoo. Mereka sedang merencanakan konsep kolaborasi yang ditampilkan pada Day 2, Minggu 6 Oktober 2019.

Collabonation diantara keduanya pasti akan menarik. Bagaimana tidak, keduanya punya “genre” yang berbeda. Londo Kampung, yang fasih 'ngomong Jowo' itu suka sekali ngeprank dalam videonya, sedangkan BATS lebih condong ke cerita kehidupan sehari-hari. Keduanya menampilkan sketsa komedi yang menarik di atas panggung. Tapi btw, pasti sudah pernah ada yang lihat video kolaborasi mereka dong di Youtube? Seru ya! Bayangkan, ini LIVE. Hasil #Collabonation ini akan bikin penasaran para fans mereka.

Collab stage performance di sesi IM3 Ooredoo ini cukup menghibur. Para youtuber yang tampil seakan ditantang untuk TIDAK HANYA membuat konten, tetapi juga menyebarluaskan konten positif di media sosial bersama-sama.


Serunya ASMR Challenge di Booth Im3Ooredoo


Acara Youtube Fanfest 2019 Surabaya dimulai pukul 1, namun Open Gate sudah dari pukul 11. Lalu nunggunya ngapain? Tenang! Sambil nunggu, siapapun bisa ikutan challenge di Booth IM3Ooredoo. Adalah ASMR Challenge, yang menuntut kita untuk bermain challenge, menghasilkan video dan suara yang apik dengan batasan yang biasa dilakukan para youtuber.

Kemarin di Booth IM3Ooredoo ini, ada 3 tantangan, menghasilkan bunyi dari suara makanan, dari suara alat makeup dan juga nyanyi. Saya sendiri kemarin ditantang untuk menyanyikan lagu. Dan sukses dong! Akhirnya dapat hadiah tas cantik.



Yes, kalau sukses main ASMR Challenge pesertanya bisa dapat hadiah. Tapi bukan hadiahnya aja yang penting. ASMR Challenge membawa kita untuk ikut merasakan bagaimana membuat content video yang biasa kita saksikan di platform Youtube.

Dan sepakat dengan misi Freedom to Collaborate, sebagai konten kreator kolaborasi dengan siapa saja bisa dilakukan dan sah-sah saja. Namun, prinsipnya bukan hanya membuat konten yang positif, namun juga punya nilai positif.

Overall, seru banget acaranya! Semoga tahun depan Youtube Fanfest 2020 hadir lagi di Surabaya. : )


Share:

1 comment:

  1. Acaranya seru,, aq kmrn pny kesempatan meet n great sama Ghea di acara ini

    ReplyDelete

Terimakasih sudah komentar. Komentar akan muncul setelah proses moderasi. :)

Popular Posts

Labels

Blog Archive