Kalau bukan kita yang mulai, siapa lagi?

BARU: PEDOMAN PENYUSUNAN RTRW [2018]


Yeah, akhirnya Kementerian Agraria dan Tata Ruang mengeluarkan peraturan menteri yang berkaitan dengan perencanaan. Yes, masih hangat di Tahun 2018 ini, PERATURAN MENTERI AGRARIA DAN TATA RUANG/KEPALA BADAN PERTANAHAN NASIONAL NOMOR 1 TAHUN 2018 TENTANG PEDOMAN PENYUSUNAN RENCANA TATA RUANG WILAYAH PROVINSI, KABUPATEN DAN KOTA. Untuk teman-teman yang belum mendapatkannya bisa download di laman Kementerian ATR ini. Peraturan menteri baru tentang pedoman penyusunan RTRW ini dibuat dengan 3 lampiran.

Pedoman Penyusunan RTRW 2018/ ER

Jika sebelumnya pedoman penyusunan RTRW didasarkan pada Permen PU Nomor 16 Tahun 2009 tentang Pedoman Penyusunan Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten dan Permen PU Nomor 17 Tahun 2009 tentang Pedoman Penyusunan Rencana Tata Ruang Wilayah Kota, maka dengan dikeluarkannya aturan baru ini, para perencana wajib mengacu pada aturan baru.

Apa yang menjadi pembeda?

Sejujurnya, saya belum baca keseluruhan. So, artikel kali ini saya belum akan membahas hingga kesana. Satu yang pasti, dasar hukum dalam penyusunan RTRW kini kita bisa mendapati kata “Peraturan Menteri Agraria dan Tata Ruang”. Setelah biasanya selalu mendapati “Peraturan Menteri Pekerjaan Umum”.

Okay. That’s all. Saya hanya ingin berbagi link download sebenarnya. Sampai ketemu di artikel selanjutnya.



Ohya, selamat berpuasa.😊



Share:

No comments:

Post a Comment

Thank you for leaving a comment. Your comment will appear soon.

Popular Posts

Labels

Blog Archive