Ta.

It's all about lifestyle in a city

MANDIRI MENDEKAP SI BAYI DENGAN PIJATAN

dr. Dyah Retno Wulidan, Sp.A, dokter spesialis anak yang memberikan pencerahan tentang manfaat kedekatan seorang ibu dengan anak, terutama stimulasi indera si baby

Jujur, saya nggak pernah kepikiran sedikitpun tentang memberikan pijatan pada bayi. Dulu waktu mbakku punya anak sering nganter ke tukang pijat bayi yang nggak jauh dari rumah. Dan ngerasa kalau pijat baby itu sulit. Eh bukan sulit sih. Tapi berasa takut gitu sih. Takut-takut bikin si adek bayi jadi kesakitan. Karena ponakanku dulu ada yang sampai nangis banget-banget waktu di pijat sama mbak tukang pijat itu. Duh kasian aku lihatnya. Nah-nah, mumpung saya masih punya banyak waktu sampai ke tahap itu, nggak ada salahnya kan kalau saya mulai belajar pijat bayi sendiri. Biar nanti si adek bayi bisa saya pijat sendiri. Okay, biar nggak random, hari ini coba saya tulis artikel mandiri mendekap si babi dengan pijatan. Keep reading yaa!

Pentingnya Sentuhan Cinta Ibu Melalui Ritual Pijat

Setiap ibu kodratnya ingin "dekat" dengan si baby. Bukan hanya dekat secara fisik, tapi juga secara emosi. Karena inilah yang nantinya dibawa sang anak hingga dewasa. Kasih sayang seorang ibu. Kasih sayang seorang ibu, saat si anak masih bayi paling mudah diwujudkan dalam bentuk sentuhan cinta. Nah sentuhan cinta yang paling mudah dilakukan adalah dengan ritual pijat dan mandi. Ritual pijat juga mandi bisa membangun kedekatan ibu dan anak juga. Tak hanya itu, pijat bayi pun penting untuk kesehatan dan perkembangan bayi, khususnya dalam periode emas. Kapan periode emas itu? Yap betul, 1000 hari pertama kehidupan. Jadi sekitar 3 tahun pertama ya!

Penelitian yang dipublikasikan DepKes RI dalam website resminya menunjukkan bahwa periode emas adalah periode penting bagi bayi. Dimana pada periode emas ini, pertumbuhan yang diperoleh sangat berpengaruh terhadap perkembangan periode berikutnya. Alias sampai bayi beranjak dewasa. Pada masa masa emas ini, tak hanya nutrisi yang cukup. Namun sangat penting sifatnya bagi si baby untuk mendapatkan afeksi melalui sentuhan Ibu dengan ritual pijat dan mandi bayi.

Manfaat Memijat Tubuh si Baby

Berdasarkan data dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), angka kematian bayi di Indonesia menurun dari 32 per 1.000 kelahiran hidup pada 2012 menjadi 15 per 1.000 kelahiran hidup pada 2017. Namun, untuk mencapai Sustainable Development Goals (SDGs), pemerintah menargetkan angka kematian bayi di Indonesia turun menjadi 12 per 1.000 kelahiran. Untuk mencapai target tersebut, pemerintah tak bisa berjalan sendiri. Namun dukungan banyak pihak sangat diperlukan dalam proses peningkatan kualitas kesehatan bayi di Indonesia. Dan harapannya, si bayi dapat tumbuh secara optimal dan beranjak dewasa dengan penuh kasih sayang.

Pijat bayi memiliki banyak manfaat bagi si baby


Dari referensi terpercaya, ritual pijat bayi memiliki manfaat yang tak sedikit. #PijatBayi yang menggunakan tangan ibu meningkatkan kesehatan psikologis bagi sang ibu, begitu pula si baby. Sentuhan yang dilakukan melalui ritual pijat bayi bisa menjadikan saluran pencernaan menjadi lancar dan makananpun dapat diserap dengan baik. Bila dilakukan secara rutin, imunitas bayi dan kepadatan mineral tulang juga akan meningkat. Bayipun sehat dengan #SentuhanCinta sang bunda.

Penelitian tentang pembentukan otak juga menerangkan bahwa sikap orangtua bisa berpengaruh terhadap kesehatan anak secara jangka panjang dan bagaimana nantinya anak mampu menghadapi tekanan. Sentuhan cinta berpengaruh terhadap sistem saraf – stimulasi sensorik selama pijat telah terbukti membantu otak bayi untuk berkembang dan bekerja lebih cepat.

Dalam masyarakat kita, banyak yang percaya bahwa pijat bayi dapat mengurangi kerewelan bayi dan meningkatkan kesehatan serta kesejahteraan bayi. Dan siapa sangka, bayi yang terbiasa dipijat, cenderung lebih mudah untuk bersosialisasi. Si baby cenderung melakukan kontak mata jika bertemu dengan orang lain, senyum dan berbicara dengan ramah.

Sentuhan Cinta dari Johnson’s

Ritual mandi dan pijat adalah waktu ikatan yang tepat antara orang tua dan bayi. Hal tersebut juga dapat meningkatkan kualitas dan durasi tidur bayi. Dan mandi juga pijat disarankan untuk menggunakan produk bayi yang aman bagi kulit bayi. Di pasaran banyak produk bayi yang bisa menjadi pilihan. Salah satunya Johnson’s. #JohnsonsBabyid

Ibu Wynne Lukman, Branch Manager Johnson's memberikan sambutan juga gambaran Johnson

JOHNSON’S® merupakan salah satu perusahaan produk bayi terkemuka yang berfokus terhadap perkembangan holistik anak. Johnson's memiliki komitmen dalam meningkatkan kualitas hidup bayi melalui program Sentuhan Cinta. Program #sentuhancinta mendorong ibu-ibu di Indonesia untuk terus mendukung pentingnya sentuhan cinta ibu untuk kesehatan dan perkembangan bayi, khususnya selama periode emas.

Cara Pijat Bayi yang Aman

Beberapa saat yang lalu, Sabtu, 6 April 2019, saya dan para urban mama di Surabaya mendapat ilmu tentang memijat bayi. Ilmunya banyak banget dan bermanfaat buat si kecil. Tahu nggak kalau pijat bayi nggak asal pijat aja. Tapi ada aturan mainnya? Mau tahu? Nih coba lihat di youtube Johnson’s.


Dilihat dari video itu udah jelas ya sebenernya, ada step by step yang penting untuk dilakukan saat memijat si baby. Saat acara, instruktur yang telah bersertifikat juga mengajari kami melakukan gerakan-gerakan itu. Gerakan pijat ini, menurut dr. Dyah Retno Wulan SpA, kegiatan pijat bayi ini bisa menstimulasi multi sensori pada tubuh kita. Seperti pengelihatan, pendengaran, perabaan, penciuman dan lainnya. Stimulasi multi sensori yang dilakukan pada sang bayi tentu membuat bayi lebih cerdas menggunakan indera-inderanya ya!

Nah saat pijat bayi, proses stimulasi multi sensori ini benar sangat bermanfaat. Ada kontak mata antara si adek bayi dengan mama, pendengaran si kecil juga lebih tajam, karena saat mama memijat tidak hanya sekedar memijat, tetapi juga mengajaknya berbicara. Terlebih saat kita menggunakan produk yang wangi untuk memijat, indera penciumannya dapat terasah. Dan yang paling penting, indera perabaannya lebih terasa ketika pijatan demi pijatan diberikan pada si kecil.

Sejalan dengan misi sentuhan cinta, para urban mama bisa mendapatkan informasi lebih lanjut dari Johnson’s mengenai sentuhan cinta dan #pijatbayi di link-link tersebut. Semoga bermanfaat!

Share:

5 comments:

  1. Wah, seru banget yo mbak ternyata kalo ikutan acara parenting gini. Saya juga jadi tahu tehnik memijat bayi 0-1000 hari itu bagaimana 🙂

    ReplyDelete
  2. Sing nggarai pengin senyum pas registrasi.
    Ilmu pijaet memijat bayi smoga bermanfaat buat calon Ibu.

    ReplyDelete
  3. Ingat emak jaman old, mereka dulunya bayar tukang pijat buat mijat bayinya...tapi sekarang beda ya mbak...dengan pijat bayi dan Johnson's, bayi-bayi jaman now kalo dijipitin ama mommy nya sendiri seneng, ketawa happy....karena sentuhan cinta..:)

    ReplyDelete
  4. Seru juga ternyata belajar pijat bayi, dulu aku sempat belajar sendiri dari booklet2 Johnson's gak nyangka kini bisa belajar langsung dr instruktur bersertifikat

    ReplyDelete
  5. Bermanfaat banget ya mba belajar pijat bayi, semakin mengeratkan bonding antara ibu dan anak

    ReplyDelete

Terimakasih sudah komentar. Komentar akan muncul setelah proses moderasi. :)

Popular Posts

Labels

Blog Archive