Ta.

It's all about lifestyle in a city

Tips Aman Mengikuti Investasi


Sebagai milenial, tahu dong bahasan kita akhir-akhir ini? Privilage? Apa sih privilage? Gampangnya, privilege adalah hak istimewa. Belakangan kata ini dikaitkan dengan bagaimana seorang anak bisa sukses ketika orang tuanya memang sudah sukses, sudah kaya raya. Dari sudut pandang si anak dengan orang tua demikian, mereka merasa kadang tertekan, karena seberapa besarpun usaha mereka sendiri untuk mencapai sukses, mereka tetap akan dikaitkan dengan hak privilage karena orang tuannya. Di sisi lain, anak lahir dari keluarga biasa saja akan merasa tidak memiliki hak istimewa dan berjuang mati-matian untuk bisa mencapai puncak tertinggi atau mimpi-mimpinya.
Satu hal yang pasti, mau kita disinggung-singgung punya privilage atau nggak, kita tetep kudu pinter-pinter ngatur hidup kita. Salah satunya tentu saja ngatur keuangan kita. Kita perlu pastikan kelak, saat kita pensiun, kita punya kauangan yang jelas, syukur-syukur bisa meningkatkan privilage anak-anak kita.
Mengatur keuangan ini jelas bukan perkara mudah, banyak cara yang bisa dilakukan. Salah satunya investasi. Tapi eits, dewasa ini banyak dong kita dengar investasi bodong. Investasi yang kurang jelas ujungnya. So makesure, saat melakukan investasi, ikuti investasi yang aman. Berikut tips mengikuti investasi aman yang bisa jadi pertimbangan buat kita semua.

Rencanakan secara menyeluruh

Maksudnya adalah rencanakan investasi yang akan kita lakukan. Misal apakah kita lebih baik investasi di bidang asuransi jiwa, asuransi kesehatan, dan asuransi lainnya. Berapa keuangan yang kita miliki setiap bulannya. Berapa keuangan yang kita inginkan untuk kesehatan kita, pendidikan anak-anak kita, atau investasi reksa dana, atau mau main saham yang lebih besar. Seluruhnya tergantung kemampuan kita. Maka pastikan untuk merencanakannya secara menyeluruh.

Pastikan terdaftar di OJK

Ini poin penting menurut saya. Banyak perusahaan dalam industri investasi atau asuransi yang belum terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). And this is worst. Kenapa? Kalau perusahaan yang kita ikuti belum terdaftar di OJK, saat terjadi hal-hal yang tidak diiinginkan, kita tidak akan tahu kemana harus mengadukan masalah kita. OJK ini memastikan tingkat keamanan dari investasi yang kita ikuti. Di Indonesia, terdapat beberapa perusahaan asuransi yang sudah terdaftar di OJK, salah satunya Sequis.

Pelajari menyeluruh produk investasi yang diikuti

Kita akan memilih ikut produk investasi apa, keputusan sepenuhnya ada di tangan kita. So pastikan untuk mengenali berbagai produk investasi. Karena kalau kita minim informasi dan terjadi hal yang tidak diinginkan, kita akan kewalahan. Misal, saya nih, saya cenderung memilih investasi untuk menunjang pensiun dini nantinya. Jadi saya pelajari apa itu investasi tentang dana pensiun.

Itulah tips aman mengikuti investasi masa kini. Di era teknologi yang serba cepat berubahnya ini, kita kudu pandai mengatur arus informasi yang masuk. Pastikan pelajari seluruhnya dulu sebelum memilah dan memilih ya! Selamat berinvestasi.


Share:

1 comment:

  1. Hal-hal yang ngga kepikiran sebelumnya akhirnya kepikiran juga dari artikel ini, terimakasih ya kak sudah berbagi tips:)

    ReplyDelete

Terimakasih sudah komentar. Komentar akan muncul setelah proses moderasi. :)

Popular Posts

Labels

Blog Archive